TREND BISNIS KONVENSIONAL BERBASIS ONLINE DI INDONESIA

TREND BISNIS KONVENSIONAL BERBASIS ONLINE DI INDONESIA

| | 0 komentar

Penjualan online menurut data terbaru dari Bank Indonesia tahun 2018, mencapai 77, 766 triliun rupiah. meningkat 151 persen dari tahun 2017. Ini pun baru berdasarkan dari data transaksi ecommerce toko toko online terbesar Indonesia.

Pertumbuhan penjualan berbasis online di Indonesia meningkat tajam tidak hanya dari placemarket atau toko online tetapi juga dari penjualan online melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Perkembangan terbaru di dunia gadget dan akses internet yang sangat baik mendukung pertumbuhan penjualan online.

Berdasarkan analisis penulis, peningkatan penjualan melalui online selain karena dukungan aplikasi media sosial, juga karena meningkatnya UKM dan bisnis kreatif di Indonesia. Banyak pengusaha dan enterpreuner baru lahir dari penjualan online di media sosial. Produsen mulai dari sekala kecil hingga menengah sangat aktif menawarkan produk produk yang bagus untuk dijadikan merek sendiri kepada perseorangan atau perusahaan start up. 

Dibalik pertumbuhan penjualan online yang meningkat pesat, muncul pula persaingan yang sangat tinggi. Karena kemudahan dan maraknya produk produk baru tersebut, maka berlaku hukum alam. Yang tidak punya pondasi yang kuat baik dari kualitas produk dan sistem pemasaran akhirnya tergusur. Yang memiliki sistem pemasaran dan promosi online yang handal terus berkembang.

Munculnya banyak bisnis penjualan online di Indonesia menguntungkan konsumen. harga menjadi sangat kompetitif. Pilihan masyarakat sangat beragam, terutama dari segi kualitas, manfaat dan harga. Hal inilah yang didukung oleh era pemerintahan Presiden Jokowi dengan membuat Kementrian Ekonomi Kreatif di kabinetnya. 

Bisnis penjualan langsung tersebut ada yang menggunakan sistem Multi Level Marketing ada pula Single Level Marketing. Untuk menarik banyak orang ikut menjadi mitra perusahaan, maka perusahaan semakin kreatif. Tidak hanya menawarkan keuntungan selisih harga penjualan tetapi juga memberikan hadiah atau penghargaan yang sangat menarik kepada mitranya yang memiliki omzet terbaik.

Inilah peluang bagi masyarakat yang bisa digunakan sebagai sumber penghasilan utama dan tambahan dengan modal relatif kecil. Tidak membutuhkan pengetahuan khusus untuk berjualan online atau mengikuti sebuah bisnis konvensional online, karena pada dasarnya penjualan online dan langsung/offline hanyalah perkara media penjualan dan metode saja.



0 komentar :

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store