Fenomena Bisnis MLM di Indonesia

Fenomena Bisnis MLM di Indonesia

| | 0 komentar

Fenomena bisnis jaringan atau MLM di Indonesia saat ini mengarah pada bisnis penjualan online atau reseller online. Kemudahan dalam mendapatkan informasi secara online melalui medsos terutama Facebook dan akses internet dalam mencari berita di Google membuat bisnis jaringan atau MLM berkembang pesat.

Sebagian besar yang ikut sebagai member di MLM tertarik produk dan bonus besar yang diberikan perusahaan MLM. Tidak lagi fokus pada pengembangan jaringan bisnis dan membangun jaringan konsumen pengguna produk atau jasa. Lebih banyak tertarik pada aktif income dari penjualan produk dan bonus besar berbentuk cash yang ditransfer ke rekening member.

Ini bisa terlihat dari berseliwerannya promosi produk di medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter yang didominasi pada manfaat produk dan testimoninya. Ini terjadi karena mungkin orang tidak mau repot dan terikat pada satu system MLM. Selain itu bisnis penjualan online meningkat dengan sangat pesat setiap tahun. Seorang penjual online bisa memasarkan beragam produk MLM dan konvensional dalam 1 toko onlinenya.

Karena trend itulah maka banyak perusahaan menggunakan konsep penjualan paket produk bukan sistem rekrutmen member. Artinya setiap orang bisa memiliki banyak ID Member yang diperoleh dari pembelian paket produk. Sistem tersebut hanya menghitung omzet pembelian produk bukan jumlah orang.

Produk yang didistribusikan bisnis MLM pun tidak lagi didominasi produk herbal tetapi sudah merambah pada produk perawatan kecantikan, sembako, dan pakaian kesehatan. Inilah salah satu peluang usaha yang trend saat ini dengan modal minimalis. Tanpa perlu harus stok barang karena sistem distribusinya cepat melalui online dan stokis di setiap kota.


0 komentar :

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store