Inikah Cara Belajar Usaha Sejak Dini ?

Inikah Cara Belajar Usaha Sejak Dini ?

| | 7 komentar

Cara Belajar Bisnis di Usia Muda
Ketika saya promosikan aksesories Handphone di group media jejaring sosial Facebook, maka mulailah mengalir sms ke handphone saya yang bertanya tentang produk yang saya promosikan. Lebih banyak bertanya, namun ada juga yang langsung deal. Selain itu banyak yang bertanya lokasi, padahal informasi keberadaan saya sangat lengkap dan lokasi gudang penjualan pun sudah ada.

Pada saat saya posting tulisan ini pun sms pesanan baru saja datang khususnya yang saya tawarkan melalui Situs Jual Beli Online Indonesia Gratis yang banyak bertebaran di Internet. Pernah saya bahas juga manfaatnya beriklan di Situs Jual Beli Online tersebut. 


Yang menarik adalah seorang mahasiswi semester 3 sebuah universitas negeri di Mataram menjadi pelanggan pertama dari kalangan hawa. Apa yang menarik dari dirinya ? Apakah karena imut, cantik atau uang yang dibayarkan membuat saya senang ? Bukan itu..

Tapi pernyataannya ketika saya bertanya apakah dia terbiasa melakukan pembelian online atau penawaran sebuah produk/jasa dari internet. "Saya punya mata kuliah Kewirausahaan Mandiri di kampus dan mau tidak mau saya belajar secara nyata dan masuk di group jual beli online di Facebook", katanya. Menarik bukan ? Saya tidak tahu apakah ini sebuah mata kuliah utama atau tambahan yang jelas ini baru pertama kali saya dengar dari seorang mahasiswi yang terbilang usia muda.
Apapun alasannya, saya sangat mendukung keinginannya. Keterpaksaan ataupun inisiatif pribadi bukanlah hal yang penting. Yang penting adalah kemauan untuk melakukan tindakan mulai dari hal-hal kecil dan sederhana entah untuk keperluan pribadi atau untuk mencari keuntungan.
Posting terkait juga saya tulis melalui Cara Mewujudkan Ide agar menjadi nyata. Tidak harus bermodal besar, ataupun punya toko. Usaha pun bisa dimulai menjadi reseller memanfaatkan media brosur atau istilah kerennya dropship. 

Semakin dini memulai usaha, semakin banyak peluang sukses di kemudian hari. Karena pengalaman sangat menentukan dalam sebuah bisnis. Pendidikan yang diperoleh dari institusi formal bisa mendukung dan menjadi panduan untuk lebih kreatif dalam berbisnis. Bahkan ketika memberikan materi Kewirausahaan di sebuah SMK, saya pun menegaskan pada siswa bahwa yang menentukan sukses di bisnis bukanlah modal. Namun mental dan semangat untuk mau berbuat lebih dan berani menghadapi tantangan terlebih lagi kegagalan. Salam Sukses..!!


7 komentar :

kursus belajar mengatakan...

untuk sekarang belajar usaha itu lebih mudah karena kita dapat menjadi reseller dan berjualan lewat dunia online seperti facebook, toko online, dan hal lainnya

Cara Ririn mengatakan...

iya kalau bisa memang belajar sejak dini. Apapun yang dipelajarinya asalkan mau tekun dan konsisten, pasti akan membuahkan hasil yang optimal :)

info peluang usaha mengatakan...

Belajar usaha sejak dini dapat membentuk pribadi yang mandiri. Selain itu juga jika sudah dewasa dapat membuka lapangan usaha sehingga dapat mengurangi pengangguran.

Bisnis mengatakan...

Pengalaman adalah guru yg terbaik, semakin dini memulai usaha semakin baik naluri usahanya..

Car Accident Lawyers mengatakan...

jadi bgitu ya cara melatih belajar usaha sendiri, waah keren nih

di jual apartemen di jakarta mengatakan...

Nah memang sebaiknya saat ini setiap anak dari sejak dini sudah diiajarkan cara berbisnis agar kelak ketika dewasas dia sudah mengerti dunia bisnis dan bisa melanjutkan dalam bidang bisnis sehingga tidak terlalu repot untuk menjadi pekerja

Konsultan ISO mengatakan...

Memang dari usia sejak dini harus mulai diajarkan berusaha, dalam arti kata agar sang anak mengerti untuk mendapatkan uang itu tidaklah mudah karena perlu berusaha. Sang anak bisa diajak belajar berbisnis dengan perlahan=lahan yang dibantu oleh orang tuanya untuk awal-awal.

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store