Cara Mewujudkan Ide Menjadi Aksi Nyata

Cara Mewujudkan Ide Menjadi Aksi Nyata

| | 2 komentar

Ide Cerdas dan Kreatif
Setelah beberapa kali dihubungi oleh seorang sahabat yang menjadi ketua dan pemilik dari sebuah yayasan pendidikan, akhirnya saya memutuskan untuk bertemu membahas sebuah rencananya dalam mengembangkan yayasan pendidikannya untuk menyelenggarakan level pendidikan lebih tinggi dari sebelumnya.

Begitu banyak ide yang timbul dari rencana tersebut dan sampai saat ini belum terwujud, padahal hal tersebut sangat penting dalam mendukung rencana pendirian sebuah sekolah menengah kejuruan atau SMK yang akan mencetak generasi yang kreatif, inovatif dan mandiri. Mungkin sangat idealis bagi sebagian orang karena secara umum sebuah lembaga pendidikan tidak terlalu bergantung pada sumber daya pendukung seperti sebuah usaha mandiri yang membantu pembiayaan operasional sekolah tersebut.

Namun sekolah di bawah naungan yayasan swasta pastinya tidak terlalu bisa berharap banyak dari bantuan pemerintah dalam hal pendanaan. Oleh karena itu, sangat diperlukan lembaga/unit usaha yang membantu operasional khususnya ketika di awal pendirian. Apalagi yayasan tersebut lebih besar idealis daripada sumber dana.

Salah satu alasan yang membuat saya diajak bertukar pikiran adalah bukan karena saya seorang pendidik yang berpengalaman, tetapi karena saya dikenal lebih mengutamakan aksi daripada teori. Karena ide yang sangat brilian pun tanpa aksi adalah sia-sia. Ide yang paling baik adalah ide yang dikerjakan dan teori yang paling terbukti adalah setelah jadi aksi.

Ide yang paling sederhana pun bisa menjadi sangat membantu dan sukses luar biasa. Hal itu sudah banyak terjadi khususnya dalam bisnis. Sesuatu yang dianggap remeh dan sederhana tampil menjadi sesuatu yang luar biasa. Kekuatan intuisi dari seseorang yang selalu positif thingking dan mengutamakan aksi daripada teori mampu merubah hal yang biasa jadi luar biasa. Kekuatan otak kanan yang mendominasi dalam setiap pengambilan keputusan dan action sangat mempengaruhi sebuah ide jadi kenyataan.

Langkah yang sederhana bisa dimulai dengan :
  1. Membuat visi dan misi kegiatan
  2. Menentukan target jangka pendek, menengah dan panjang.
  3. Membuat rencana / plan yang sistematis.
  4. Mengumpulkan ide yang mendukung kegiatan tersebut.
  5. Menentukan waktu dimulainya kegiatan tersebut.
  6. Mulai dengan melaksanakan bagian yang paling mudah dari rencana tersebut 
dan beberapa hal inovatif bisa dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan tersebut tanpa harus menunggu semua sarana dan prasarana pendukung harus lengkap. Sekecil apapun langkah yang dilakukan dalam mewujudkan ide, itu lebih baik daripada menunggu. Sedikit saja langkah dalam mewujudkan ide, akan membawa perubahan dari seluruh rencana. Jadi, action dan action..!!

2 komentar :

Ahmadz Blogerz mengatakan...

MAU PRODUKNYA TERKENAL?
JASA REVIEW MURAH! 5.000 Per posting sampai harga 10.000. Dengan mereveview, produk anda sedikit2 menjadi terkenal!

http://blogger-xp7.blogspot.com/
http://bymekila.blogspot.com/
http://lindseysoup.blogspot.com/
http://penalhuset.blogspot.com/
http://kennubo.blogspot.com/
http://corvid-dreams.blogspot.com/
http://minikzehram.blogspot.com/
http://ratatoulenin.blogspot.com/
http://arpan-komunitas.blogspot.com/

fotokopi mengatakan...

untuk mewujudkan sebuah ide menjadi aksi nyata cara paling penting adalah membangun sebuah rencana yang benar-benar matang dan tentunya tidak salah langkah untuk mengambil keputusan.

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store