Monetize Blog is Bullshit, Making Money With Blog Is Bullshit...

Monetize Blog is Bullshit, Making Money With Blog Is Bullshit...

| | 1 komentar



Siapa yang tidak mau dapat uang dari Blog ? Monetize Blog is Bullshit, making money with blog is bullshit... adalah tidak mungkin jika kita tidak punya kreativitas dan inovasi dalam menerbitkan blog kita di internet.

Begitu banyak para pembuat blog yang hanya bermimpi dan berharap agar bisa mendapat gaji bulanan dari blog, dan sejumlah itu pula mereka terpuruk dalam kebosanan dan mendapat impiannya tanpa hasil. Apa yang terjadi sebenarnya ? Yang terjadi adalah karena kurang bersabar dan content dari blog yang membosankan dan mudah ditinggalkan karena tidak relevan posting yang satu dengan yang lainnya.
Judul di atas adalah Monetize Blog, Making Money with Blog is Bullshit... terisnpirasi dari buku seri otak kanan dari Master Otak Kanan Ippho R. Santosa. Tanpa sadar saya pun dulu mengalami perasaan seperti itu, layaknya pemula, saya juga awalnya bersemangat membuat blog dengan modal keinginan dan motivasi untuk dapat uang akhirnya sia-sia.


Begitu juga ketika saya mulai bisnis jaringan tahun 2005, dimana saya sangat bersemangat dan antusias memulainya dengan iming-iming bonus yang besar. Bayangkan saja, 30 hari dalam satu bulan saya habiskan untuk prospek sana-sini. Hasilnya.., 30 orang tertarik menjadi mitra saya. Hasilnya, hanya 1 orang yang memastikan bergabung. Itupun kakak saya.. (capek deh..).

Lalu apa yang harus kita lakukan agar bisa seperti para blogger yang hebat dan bisa menghasilkan puluhan ribu dollar perbulan dari blog mereka ? Inilah yang saya cari tahu dengan browsing berhari-hari, berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah banyak blog saya akhirnya sekarat dan tenggelam dalam hutan belantara internet.

Ternyata menghasilkan uang lewat blog maupun bisnis online lewat blog itu sama persis dengan bisnis offline di alam nyata. Seperti yang saya lakukan di bisnis smartphone dan gadget, butuh tidak hanya kemauan dan semangat tapi juga kreativitas, inovasi, intuisi dan kesabaran serta istiqomah dalam menawarkan dan menjual product. Terkadang dari sekian product tersebut ada yang melempem, ada juga yang laris habis seperti kacang goreng tapi ada juga yang tersendat-sendat dan butuh waktu yang lebih lama agar habis terjual.

Karena itu agar tetapomzet yang mendatangkan keuntungan stabil masuk kantong, differentsiasi dan variasi product adalah prioritas utama. Jika tidak, maka product kita jadi pasaran sehingga kemungkinan dibeli orang dan dikenal orang pun gagal total karena persamaannya yang sangat banyak. Persamaan tidak akan menghasilkan perbedaan dan perbedaan tidak akan menghadirkan penasaran dan tanpa penasaran tidak akana ada yang namanya pemasaran.

Terlalu banyak yang hanya ikut-ikutan dengan topik dan category yang nyaris sama, sehingga tidak punya ciri khas. Sekilas orang sudah tahu isinya tanpa perlu membacanya, dan yang terjadi adalah orang akan datang kepada yang sudah terkenal dan terbukti. Pada gilirannya "yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin" (lagu dangdutnya Raja Dangdut he..he..). Orang malas dengan blog yang itu-itu saja topiknya, akhirnya hanya datang pas butuh saja kemudian kabur..

Apalagi topik yang mudah ditinggalkan alias tidak relevant dengan waktu karena momentnya hanya sebentar. Seperti sekilas info atau berita politik yang cepat perubahan informasinya. Nah, mungkin apa yang saya sampaikan ini sudah banyak yang tahu, tapi tidak ada salahnya (kalau benar) dijabarkan kembali untuk mengingatkan cara-cara yang juga sedang saya mulai agar blog kita benar-benar menghasilkan uang.

  1. Kontent postingan kita diusahakan relevant sepanjang waktu seperti tutorial SEO dan Tehknik Optimasi Blog misalnya serta mudah penggunaannya.
  2. Menampilkan ciri khas dari penulisnya, yang membuat orang cepat teringat dengan postingannya seperti gaya penulisan dan tata bahasa.
  3. Memudahkan orang untuk langsung ke sumber berita atau sumber informasi tanpa harus browsing sana-sini.
  4. Informasi yang disampaikankan supaya menarik, baru, dan berbeda dari orang lain agar tampil di urutan pertama dalam pencarian.
  5. Traffic tinggi adalah salah satu kuncinya agar kesempatan mendapatkan "uang klik" dari iklan.
  6. Memiliki product yang layak dan bisa "dijual" entah dari donasi atau pembayaran dari peminat product tersebut, misalnya Ebook Bisnis, Ebook Usaha  dll.
  7. Mampu menulis review product dan memiliki banyak kontent yang bisa dihargai oleh advertiser sebagai bentuk promosimereka yang nantinya bisa menjadi nilai tambah dalam memaksimalkan pendapatan.
  8. Dan tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan komentar pembaca dan menjawab permasalahan dari mereka dengan menampilkan postingan yang mereka inginkan. Karena pembeli adalah raja.
  9. Traffic tinggi juga percuma, kalau tidak menghasilkan duit alias terkenal tapi melarat. Karena itu blog yang ramai pengunjungnya bisa dimanfaatkan untuk promosi web/blog kita yang lain yang memang fokus pada penjualan product atau jasa. Anggap saja redirect url blog bisnis.
Masih banyak yang perlu diperhatikan dalam memaksimalkan bog, tapi untuk  kali ini cukup sekian dulu. Lain waktu saya tulis lagi. Kalau anda sependapat, silahkan komentar. Jika anda tidak sependapat dengan saya, bolehlah berbagi informasi dan tips lainnya yang bisa mendukung topik ini. Terimakasih, Salam Sukses..!

1 komentar :

apsara villa bali mengatakan...

blog bisa saja mengahasilkan uang jika kita mau bersungguh sungguh, kreatif dan tentunya kesabaran.

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store