Efek Domino Bandara Internasional Pada Pariwisata Lombok

Efek Domino Bandara Internasional Pada Pariwisata Lombok

| | 7 komentar

Cafe Terapung

Apakah pengaruh terbesar Bandara Internasional Lombok pada Pariwisata Lombok ? Khususnya Lombok Tengah sebagai lokasi dari Bandara Internasional Lombok. Tentunya rincian secara nyata belum dapat kita simpulkan sekarang.

Tetapi geliat tumbuhnya tempat-tempat baru pariwisata dan bertambahnya jumlahnya kunjungan khususnya wisatawan mancanegara jelas sangat signifikan. Yang paling nyata sesuai dengan pengamatan penulis adalah berdirinya tempat-tempat wisata baru yang background usahanya adalah kuliner tentunya sangat menarik untuk diamati.

Meningkatnya jumlah kunjungan wistawan domestik  dan mancanegara tentunya akan mempengaruhi sektor perekonomian yang lain seperti tranportasi dan kerajinan tangan / handycraft. Bandara Internasionla sebagai pintu gerbang masuknya wisatawan mancanegara dan domestik sangat besar pengaruhnya. Efek domino yang dihasilkannya begitu terasa sejak penerbangan perdana awal Oktober 2011.

Kali ini penulis menyorot tumbuhnya tempat wisata baru dan tempat wisata kuliner di Lombok Tengah. Tanpa ada maksud tertentu terhadap pemilik tempat tersebut dan Pemda Lombok Tengah, maka penulis merasa perlu mengekspos kehadirannya walaupun dengan keterbatasan dokumentasi yang dimiliki penulis. 

Istilah Capung tentunya sudah dikenal, tapi ini bukan berarti tentang serangga terbang tetapi sebuah lokasi pariwisata kuliner yang memanjakan pengunjung dengan suasana yaang asri dan sangat nyaman dan artistik. Jenis makanan yang disajikan adalah menu makanan khas Sasak seperti Pelecing Kangkung dll. Lokasi kuliner ini pun sempat banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dari luar daerah dan juga sempat diliput oleh kru televisi dari mancanegara. Capung adaalah singkatan dari "Cafe  Terapung" yang didirikan oleh seorang enterpreuner yang backgound utamanya adalah seorang PNS. Namun intuisi bisnisnya melihat peluang yang selama ini belum tersentuh dan diabaikan. Lokasi wisata air dan sumber pengolahan air PDAM Lombok Tengah yaitu Bendungan Batujai ternyata memiliki segudang peluang untuk dimanfaatkan selain untuk irigasi dan perikanan. 

Cafe Terapung, disebut demikian karena letaknya berada di tengah Bendungan Batujai Lombok Tengah. Disain tradional dan artistik membuat setiap pengendara yang lewat mesti melirik. Untuk bisa ke tempat tersebut, disediakan angkutan berupa speedboat dan juga dilengkapi aneka hiburan air yang bisa memanjakan pengunjung yang datang bersama keluarga. 
Hal ini patut diacungi jempol sebagai sebuah terobosan baru dalam pariwisata air untuk memaksimalkan  lokasi wisata di Lombok Tengah dan ini tidak akan lepas dari dukungan Pemda Lombok Tengah sebagai pemilik hak mutlak dari penebitan ijin usaha tersebut.
Cafe Terapung di Waduk Batujai Lombok

Apa yang penulis sampaikan ini adalah sebagian dari kontribusi untuk membangun Lombok Tengah sebagai pusat wisata Lombok dan sektor perekonomian lain seperti yang penulis lakukan di usaha penjualan gadget murah.
Tidak harus cepat, tapi bertahan dan memiliki brand tersendiri jauh lebih baik sehingga mampu menjadi nilai khas dan daya tarik khusus bagi mereka yang datang ke Lombok Tengah. Dan penulis berharap, selain Cafe Terapung ini akan ada jenis-jenis usaha lain yang tumbuh dan jadi trade mark pariwisata Lombok Tengah yang tidak ditemukan di daerah lain.

Salam dan Semoga Sukses..!! 


7 komentar :

Anonim mengatakan...

gan berapa banyak ya.. wisatawan manca negara yg datang ke lombok melalui bandara yg akupernah lihat lebih banyak pedagang kaki lima yg tanahnya di pake bandara tp untuk sekedar jualan makanan dan minuman ringan masih di uber2.... weh....

Management By Action mengatakan...

Awalnya memang ada penertiban, namun sesuai keinginan presiden saat peresmian sekarang sedang dibangun lokasi berjualan pedagang kaki lima yang mendapat bantuan modal dan peralatan.

Jackysan Dofollow mengatakan...

Mantab kang... saya pernah mampir disana sekali sama istri.. nuansa alami yang disuguhkan bener2 membuat nyaman dan betah..

Salam sukses, ijin blog side saya masukkan ke daftar list dofollow...
matur tampi asih...

Management By Action mengatakan...

terima kasih telah berkunjung dan terimakasih juga bisa masuk daftar yang direkomendasikan. Salam Sukses..!!

obat herbal darah rendah mengatakan...

Mantab kan


salam kenal y

obat herbal darah tinggi mengatakan...

nuansa alami yang disuguhkan bener2 membuat nyaman dan betah..
salam kenal kang

coloring pages for kids free mengatakan...

wow,pemandangan yang sungguh menakjubkan di lombok sana , , ,
pasti ny udah ratusan bahkan nyampe ribuan yach wisatawan lokal dan mancanegara yang datang kesana.

dinosaurscoloringpages

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store