Mengetahui Pembayaran Elektronik dan Keamanannya

Mengetahui Pembayaran Elektronik dan Keamanannya

| | 3 komentar


Pembayaran Elektronik
Pembayaran produk dan pelayanan yang dibeli adalah langkah nyata yang pentingsekali dalam pemrosesan transaksi EC. Tetapi proses pembayaran elektronik tidak sederhana, sebab orang-orang di lingkungan transaksi elektronik yang tidak diharapkan berada di antara sistem jaringan komputer pembeli dan penjual juga ikut tertarik, untuk itu keamanan harus diperhatikan. Proses pembayaran EC merupakan proses yang komplek, sebab macam-macam pilihan kartu debet atau kredit, dan lembaga keuangan atau perantara yang mungkin menjadi bagian dalam proses. Untuk itu macam-macam sistem pembayaran elektronik telah berkembang melampaui waktunya. Sistem pembayaran baru dikembangkan dan diuji keamanan dan tantangan secara teknik dari EC melalui internet.
Sistem Electronic Funds Transfer (EFT) adalah bentuk dari sistem EC yang penting dalam perbankan dan pedagang eceran. Sistem EFT menggunakan bermacam-macam teknologi informasi untuk mendapatkan dan memproses uang dan transfer kredit antara bank dan konsumennya. Sebagai contoh: jaringan per-bank-kan mendukung kasir di bank dan Automated Teller machines (ATM). Bank mungkin juga mendukung pelayanan pembayaran lewat telepon, yang mengijinkan konsumen bank untuk menggunakan telepon konsumen sebagai terminal untuk membayar rekening secara elektronik. Sebagai tambahan wide area network mungkin menyambungkan terminal Point Of Sale toko penjual eceran dengan sistem EFT bank. Pasar ini memungkinkan konsumen menggunakan kartu debet/kredit untuk membayar, dalam rangka menunjang penjualan eceran.



One of the most visible and contentious topics in internet commerce today is the security of internet transactions. While the technical difficulties may be soluble, a less obvious problem is how to define standard to let all consumers and merchants do business with each other while satisfying security requirements of the financial institutions involved” (O’Brien, 1999:336). Saat konsumen membeli secara On-line lewat internet, informasi kartu kredit konsumen tidak kebal terhadap penyergapan oleh sniffer jaringan, perangkat lunak dengan mudah mengenal format nomor kartu kredit. Beberapa dasar pengukur keamanan digunakan untuk menyelesaikan masalah keamanan:
(1) Encrypt data yang dikirimkan antara konsumen dan penjual.
(2) Encrypt data yang dikirimkan antara konsumen dan perusahaan yang diberi hak transaksi kartu kredit.
(3) Menjaga kepekaan informasi off-line.
Sebagai contoh, beberapa perusahaan menggunakan metode keamanan yang dikembangkan oleh Netscape adalah Secure Socket Layer (SSL), untuk mengotomatisasi penyandian data yang dikirim antara Web Browser konsumen dengan server pedagang. Dimana informasi peka masih tidak kebal kesalahan saat dikembalikan dari sandi, sehingga pendekatan dompet digital seperti system pembayaran CyberCash perlu dikembangkan. Pada metode ini, perlu menambahkan perangkat lunak keamanan pada modul Web Browser. Hal ini memungkinkan Browser menyandikan kartu kredit, sedemikian rupa sehingga hanya bank yang diberi hak oleh     perusahaan tersebut saja yang bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit.
Secure Electronic Transaction (SET) adalah standar keamanan pembayaran elektronik yang merupakan pengembangan dompet digital cybercash. Pada metode ini perangkat lunak EC menyandikan digit amplop berisi pembayaran detil untuk setiap transaksi. SET disetujui oleh VISA, MasterCard, IBM, Microsoft, dan Netscape.

Tulisan tentang Business Commerce adalah karya :  Fransisca, six_pink@yahoo.com


3 komentar :

DailyBlogOnline mengatakan...

sebagai pebisnis dan pengguna online harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi online,menyediakan sarana keamanan bagi konsumen adalah syarat utama.-hati dalam bertransaksi online,menyediakan sarana keamanan bagi konsumen adalah syarat utama.

apsara villa mengatakan...

sah sah saja bertransaksi dengan cara pembayaran elektronik asalkan dijamin keamanannya.

sign system mengatakan...

benar sekali informasi peka masih terdapat kesalahan saat dikembalikan dari sandi, sehingga pendekatan dompet digital seperti system pembayaran CyberCash masih perlu dikembangkan.

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store