Catatan Pariwisata Tempat-Tempat Indah di Lombok

Catatan Pariwisata Tempat-Tempat Indah di Lombok

| | 5 komentar


Lombok sebagai daerah tujuan wisata selayaknya memang terus berbenah, apalagi dengan dikebutnya pembangunan Bandara Internasional Lombok yang tentunya akan memudahkan perjalanan ke Lombok. Dari dulu saya ingin menuangkan tulisan ini, supaya ada sedikit info buat sobat yang merencanakan liburan bersama keluarga. Banyak sudah dibahas tentang Lombok, tapi selalu terlewat tentang desa gerabah yaitu Desa Penujak. Padahal Desa Penujak adalah Pusat Industri Gerabah di Lombok Tengah dan harus dilintasi oleh kita yang datang dari barat kalau mau ke Pantai Kuta. (kebetulan saya tinggal di Penujak, he he he..) Seperti yang pernah di ulas oleh Master Otak Kanan Indonesia, Ippho R. Santosa bahwa Lombok memang belum seperti Bali tetapi akan bisa melampaui Bali jika semua infra struktur wisatanya mendukung. Seperti slogan Guide di Lombok : " In Bali you can't see Lombok, but in Lombok you can see Bali and you can see bikini in Gili Trawangan" (becanda).

Saya yang hobby mancing juga memberikan rekomendasi bagi mancing mania yang merencanakan liburan. Lombok Selatan dengan pantai pasir putihnya sangat ideal untuk aktivitas mancing terutama Popping, Casting, dan mancing dalam (sayangnya foto saya ketika dapat GT Giant rusak). Dalam sebuah news, Tuna sirip biru yang diusulkan sebagai hewan yang dilindungi pun habitatnya sangat banyak di perairan laut Lombok Selatan. (yang mau, samaan mancingnya). Tapi bagi yang suka mancing dalam dan berwisata dengan perahu, Sekotong is the Best. Biayanya murah, pemandangan alamnya mantap.

So, akan saya tampilkan beberapa info tempat-tempat indah yang nantinya bisa jadi tujuan wisata di Lombok.
1.
Suranadi. Di sini ada hotel lengkap dengan kolam renang air hangat dan lapangan tennis. Juga ada pura Hindu tertua, berlokasi 17 km jika naik kendaraan dari kota Mataram.


2.
Lingsar. Pura dengan ikan keramat di dalam kolam, lokasi 9 km dengan naik kendaraan dari kota Mataram.


3.
Narmada. Kebun Raya Lombok, dengan kolam renang, serta ada pura Hindu yang sering digunakan umat Hindu untuk bersembahyang, lokasi 12 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

4.
Batu Bolong.Terdapat pura diatas batu karang yang menjorok ke laut, dan jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali, serta bagus untuk melihat pemandangan saat sunset. Lokasi 8 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Untuk memasuki area, maka kita diwajibkan memakai pita kuning dari kain (dapat menyewa di lokasi), yang dipasang melingkari pinggang. Pemandangan disini indah sekali, air laut menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang, menimbulkan bunyi gemerosak. Matahari mengintip di sela-sela awan, dan cahayanya jatuh terpantul di air laut.

5.
Senggigi. Pantai alam berpasir putih yang bersih, dikelilingi hotel, losmen dan bungalow. Sangat indah sekali, terutama jika waktu sunrise maupun sunset. Lokasi 10 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Di pantai banyak penjaja cinderamata, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna warni, mulai dari harga Rp.25.000,- Juga penjaja kaos bertuliskan Lombok dan Senggigi, serta ukiran khas Lombok pada kayu, bisa berupa tempat buah, topeng dan lain-lain.
6.
Sire Beach. Taman laut dengan exotic coral dan ikan yang berenang kian kemari. Berlokasi 36 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
7.
Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau kahyangan di utara Lombok, dikelilingi taman laut. Disini banyak orang diving maupun surfing. Di pulau ini sudah banyak hotel dan losmen, sehingga bisa menginap disini, pantainya masih asli. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kapal motor.
8.
Sukarare. Desa tempat orang menenun, disinilah jika ingin membeli kain tenun tradisional khas Lombok, serta melihat bagaimana para penenun melakukan pekerjaannya. Lokasi 25 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
Penujak. Desa sebagai penghasil gerabah, dengan kenunikan tersendiri bisa langsung dibeli dan juga banyak di ekspor ke luar negeri.
9.
Rambitan/Sade. Desa asli Lombok, dengan rumah tradisional suku Sasak, lokasi 50 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
10.
Kuta/Tanjung Aan. Pantai Mandalika dengan lampu-lampu yang berkilauan , dimana kita bisa berenang, terdapat hotel dan restoran. Setiap tahun ada perayaan menangkap/melihat Nyale, lokasi 56 km dengan kendaraan dari kota Mataram.
11.
Mataram. Mataram adalah ibu kota propinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Ampenan merupakan kota pelabuhan lama (sekarang sudah pindah ke Lembar). Kota Ampenan berciri khas arsitektur kuno, yang bila dibersihkan dan dirawat dengan baik, akan menjadi daerah tujuan wisata yang digemari. Di kota Mataram (yang sudah menjadi satu kesatuan dengan kota Ampenan dan kota Cakranegara) kita bisa wisata kuliner, dengan makan makanan Lombok yang ciri khasnya adalah pedas. Di Jakarta kita sering melihat rumah makan Taliwang, yang ternyata Taliwang adalah nama suatu daerah, yang awalnya banyak penjual makanan khas Lombok di daerah ini.Makanan khas Lombok, antara lain: Plecing kangkung, ayam plecingan, ayam julat (ayam yang bumbunya pedas sekali), sambel beberok. Plecing ternyata merupakan nama masakan, sehingga dikenal masakan kangkung yang diberi /dimasak bumbu plecing, ayam yang dimasak plecing (ayam diberi bumbu pedas, didiamkan, dibakar/digoreng, kemudian diberi bumbu pedas lagi). Sambel beberok adalah sambel yang dibuat dari irisan terong ungu, irisan bawang merah, irisan tomat dan cabe, disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya. Minuman yang khas adalah kelapa madu, terdiri dari air kepala muda, dan kelapa mudanya di suwir-suwir serta diberi madu ehmm sedaaap. Untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, bisa di Cilinaya Shopping Centre.
12.
Cakranegara. Merupakan kota bisnis, terdapat pasar pertanian, pasar burung, dan mata air Mayura serta pura Meru, pura terbesar di Lombok. Cakranegara konon dulunya merupakan bekas kerajaan, namun bekas kerajaan (situs) sudah tak bisa dikenali. Jika ingin oleh-oleh makanan, maka bisa membeli kaki ayam goreng, telur asin dan berbagai manisan dari rumput laut.
13.
Air Terjun Sendanggile Desa Senaru, Kecamatan Bayan, yang merupakan gerbang pendakian Gunung Rinjani (3.726 meter). Di Pusuk terdapat ratusan ekor monyet yang selalu setia menanti dipinggir jalan untuk diberi makan oleh pengendara yang lalu lalang melintas dijalan yang berkelok-kelok.jalan di pusuk memang terlihat seperti kawasan puncak yang menawarkan sensasi yang berbeda bagi pengendara maupun turis asing.hutan lindung yang rimbun serta suara alam mengiringi monyet yang berjejer di pinggir jalan. Pantas jika disebut Pusuk Pass..jangan lupa membawa pisang jika berkujung ke Pusuk.Air Terjun Sendang gile berasal dari mata air kaki dari gunung Rinjani , air jernih dan bersih , pemandangan sekitar gunung daerah senaru bisa melihat puncak gunung rinjani jika tidak ada awan atau mendung ,pemandangan yang sangat luar biasa.
14.
Taman National Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.





























5 komentar :

mediafiche mengatakan...

Great post!!beautiful picture..i like all the stuff.thanks for sharing..
media buying

Real Estate Logo Design mengatakan...

This blog is nice and amazing. I love your post! It's also nice to see someone who does a lot of research and has a great knack for writing, which is pretty rare from bloggers these days.
Thanks!

apsara villa mengatakan...

lombok memang indah
semoga nanti setelah diresmikan bandara internasional lombok semakin banyak turis yang berkunjung ke lombok baik lokal maupun mancanegara

lampu led mengatakan...

wah ternyata Kuta/Tanjung Aan. Pantai Mandalika dengan lampu-lampu yang berkilauan , dimana kita bisa berenang, terdapat hotel dan restoran.

Jakarta Lawyer mengatakan...

ternyata rumah makan Taliwang yang sering ada di Jakarta adalah nama suatu daerah, yang awalnya banyak penjual makanan khas Lombok di daerah ini

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store