8 Multiple Intellegency Sebagai Ciri Orang Sukses

8 Multiple Intellegency Sebagai Ciri Orang Sukses

| | 1 komentar


Multiple Intellegency
Dr.  Howard  Gardner,  peneliti dari  Harvard,  pencetus  teori  Multiple  Intelligence mengajukan 8 jenis kecerdasan yang meliputi :
Cerdas Bahasa : cerdas dalam mengolah kata
Cerdas Gambar: memiliki imajinasi tinggi
Cerdas Musik :peka terhadap suara dan irama
Cerdas Tubuh : trampil dalam mengolah tubuh dan gerak
Cerdas Matematika dan Logika: cerdas dalam sains dan berhitung
Cerdas  Sosial  :kemampuan  tinggi  dalam  membaca  pikiran  dan  perasaan  orang       lain
Cerdas Diri : menyadari kekuatan dan kelemahan diri
Cerdas Alam : peka terhadap alam sekitar
Cerdas Spiritual :menyadari makna eksistensi diri dalam hubungannya dengan pencipta
alam semesta.

Delapan kecerdasan atau yang  lebih dikenal istilah kecerdasan jamak/majemuk (multiple intelligences)  ini merupakan pengembangan dari kecerdasan otak, emosional dan spiritual. Kecerdasan jamak/majemuk  pada saat  ada yang  menggolongkan dalam delapan jenis yaitu: kecerdasan linguistik, logika-matematika, spasial, kinestetik tubuh, musikal, interpersonal, intrapersonal dan naturalis.
Kecerdasan majemuk tersebut
1.  Kecerdasan linguistik mencakup kemampuan membaca, menulis, berbicara dan mengerti  urutan   serta   artinya. Juga   kemampuan      merefleksikan   pikiran dan perasaan dalam kata-kata.
2.  Logika matematika berhubungan dengan kemampuan menganalisa sebab-akibat dan pemikiran deduktif-induktif. Mencakup kemampuan melakukan perhitungan matematika dan penggunaan sistem bilangan abstrak.
3.  Kecerdasan gerak merupakan kemampuan mengekspresikan ide dan perasaan dalam gerakan tubuh. Kecerdasan ini dimiliki penari dan atlet, atau orang-orang yang  menggunakan      koordinasi  tubuhnya,   dan  mampu    mengontrol    gerakan-gerakannya itu.
4.  Kecerdasan spasial  umumnya dimiliki oleh para  pelukis, pemahat, arsitek, dan pilot. Kecerdasan ini melibatkan imajinasi aktif yang membuat seseorang mampu mempersepsikan warna, garis dan luas serta menetapkan arah dengan tepat.
5.  Kecerdasan    musik   melibatkan   sensivitas  terhadap   bunyi  dan   ritme,  serta digunakan untuk mengenali, meniru, menghasilkan maupun menciptakan musik.
6.  Kecerdasan    interpersonal adalah   kemampuan  seseorang      untuk  berelasi  dan berkomunikasi, serta memahami maksud orang lain.
7.  Kecerdasan  intrapersonal  merupakan  kemampuan seseorang  untuk  mengenalidan mengembangkan potensi, serta mengekspresikan dirinya.
8.  Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami sifat-sifat alam.  Kecerdasan    ini dibutuhkan   oleh  ahli biologi, ahli binatang,  ahlitanaman maupun petani.

Selama  ini, yang  namanya     “kecerdasan”  senantiasa    dikonotasikan dengan Kecerdasan Intelektual” atau yang lazim dikenal sebagai IQ saja (Intelligence Quotient). Namun  pada  saat    ini,  anggapan  bahwa   kecerdasan  manusia     hanya  tertumpu  pada dimensi intelektual saja sudah tidak berlaku lagi. Selain IQ, manusia juga masih memiliki dimensi   kecerdasan    lainnya, diantaranya   yaitu  : Kecerdasan    Emosional   atau   EQ (Emotional Quotient) dan Kecerdasan Spiritual atau SQ (Spiritual Quotient).
Memasuki  abad  21,  legenda  IQ  (Intelligence  Quotient)  sebagai satu-satunya tolok ukur  kecerdasan  yang  juga  sering   dijadikan  parameter  keberhasilan  manusia, digugurkan   oleh   munculnya    konsep   Kecerdasan     Emosional   atau   EQ   (Emotional Quotient)  dan  Kecerdasan Spiritual atau  SQ  (Spiritual  Quotient).  

Menurut   hasil  penelitian,  setidaknya  75%  kesuksesan  manusia  lebih  ditentukan  oleh kecerdasan emosionalnya (EQ) dan hanya 4% - 20% yang ditentukan oleh kecerdasan intelektualnya (IQ).
Gay Hendrick, PhD dan Kate Ludeman, PhD, keduanya konsultan manajemen senior, mengadakan sebuah penelitian pada 800-an manajer perusahaan yang mereka tangani selama 25 tahun. Dari hasil penelitian disimpulkan, bahwa para pemimpin yang sukses ternyata lebih mengamalkan nilai-nilai rohaniah atau nilai-nilai sufistik ketimbang mengedepankan      sisi intelektual semata.    Menggunakan     ungkapan     Howard   Gardner, kecerdasan     emosi   terdiri dari  beberapa    kecakapan,     diantaranya   :  intrapersonal intelligence  dan    interpersonal   intellegence.   Intrapersonal   intelligence  merupakan kecakapan mengenali perasaan kita sendiri yang terdiri dari:
Pertama; kesadaran diri meliputi : keadaan emosi diri, penilaian pribadi dan percaya diri.
Kedua; pengaturan diri meliputi  : pengendalian diri, dapat  dipercaya, waspada  adaptif dan inovatif.
Ketiga; motivasi meliputi : dorongan berprestasi, komitmen, inisiatif dan optimis.

Sedangkan     interpersonal   intelligence  merupakan    kecakapan     berhubungan dengan orang lain yang terdiri dari :
Pertama; empati  meliputi  : memahami orang  lain, pelayanan,  mengembangkan orang lain, mengatasi keragaman dan kesadaran politis
Kedua; ketrampilan sosial  meliputi  : pengaruh, komunikasi, kepemimpinan, katalisator perubahan, manajemen konflik, pengikat jaringan, kolaborasi dan koperasi serta  kerja
team.Sumber http://www.mail archive.com/formiskat@groups.plnkalbar.co.id/msg00083.

Studi  terhadap  orang-orang  yang     sangat  sukses   menujukkan  bahwa      mereka juga  memiliki  ciri-ciri  lain  yang menonjol.  Pertama,  mereka   mempunyai  mimpi  yang besar, tujuan yang jelas, dan teguh memegang mimpinya tersebut. Kedua, mereka tidak bekerja sendirian, mereka  mampu memanfaatkan kekuatan yang  ada di dalam dirinya maupun  di  sekeliling  dirinya. Jadi,  mereka  mengembangkan  dua  kecerdasan  lainnya
sebagai pelengkap dari IQ-EQ-SQ. Mereka mengembangkan kecerdasan yang disebut Kecerdasan     Aspirasi  (Aspiration   Intelligence), dan   Kecerdasan     Kekuatan    (Power Intelligence).  Ternyata  para  orang  sukses  mengembangkan  lima  kecerdasan  dengan seimbang! Kelima kecerdasan ini kita sebut  Kecerdasan SEPIA  (Spiritual - Emotional - Power - Intellectual - Aspiration).

1 komentar :

apsara villa mengatakan...

terimakasih informasinya
sangat berguna sekali

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store