Siasat Bisnis : Menang dan Bertahan di Abad Asia Pasifik

Siasat Bisnis : Menang dan Bertahan di Abad Asia Pasifik

| | 0 komentar



Ini adalah The Buzzword of Today di dunia pemasaran. Saya belum menemukan  terminologi  yang  tepat  dan  pas  dalam  bahasa  kita,  tanpa  kata-kata   itu  kehilangan  makna.  Saya  pikir,  apa  salahnya  untuk  sementara  menggunakan  kata-kata  tersebut  supaya bisa menghayati maknanya. Sebab, itulah gejala yang memang terjadi saat ini. Kini  konsumen   makin   pintar  menilai  benefit  yang   ditawarkan   dibandingkan 
dengan  harga yang  harus  mereka  bayar.  Konsumen Jepang,  misalnya, yang selama  bertahun-tahun  mau  membayar  harga  lebih tinggi utnuk  produk yang sama, sekarang  sudah   tidak   mau  lagi.  Merekamenuntut  kualitas  tinggi   dengan   harga  yang   wajar.  Runtuhnya bubble economy merupakan indikator bahwa mereka tidak mau lagi membeli  produk  yang  sama  dengan  banyak  ekstra-yang  sebenarnya  tidak  mereka  butuhkan- dengan  harga tinggi.  Mereka jadi sadar  bahwa dengan  begitu,  nilai sebenarnya yang  mereka terima rendah.
 
 Itulah yang menyebabkan makin tumbuh suburnya discount store  di sana yang  membeli  langsung  dari  supplier,  dan  menghindari  saluran  distribusi  tradisonal  yang  panjang dan berbelit. Untuk memberikan suatu nilai yang tinggi kepada konsumen, para  pengecer    berani    memotong    distributor   yang   tidak    memberikan    nilai   tambah  sesungguhnya.  Di  Tokyo,  saya  melihat  sendiri,  bagaimana  toko-toko  eceran  diskon,  misalnya Aoki dan Aoyama, menjamur dan tumbuh pesat.  Meraka   ada   di   mana-mana   dan   cuma   menjual   pakaian   laki-laki.   Mereka  memerangi   kemewahan   dekorasi   interior   secara   drastis,   karena   hal  terebut   tidak  memberikan  niali  sesungguhnya  untuk  konsumen.  Toko  mereka  rata-rata  kecil  dan  sederhana, dengan demikian bisa menghemat ongkos. Selain itu, mereka juga berusaha 
mendesain dan membuat produk terbut berdasrkan kualitas tertentu.

Petikan Tulisan di atas adalah karya dari Begawan Pemasaran Indonesia : Hermawan Katajaya (Presiden Organisasi Pemasaran Dunia). Jika anda masih tertarik utnutk membacanya, silahkan download di Siasat Bisnis : Konlomerat Baru

0 komentar :

Posting Komentar

Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.

 

Pengikut

© Copyright 2011 All rights reserved | www.intuisibisnis.com is proudly powered by INTUISI BISNIS KREATIVITAS VISION | Template by o-om.com - PRAYA URIP Store