1. Pasang iklan baris di koran. |
2. Pasang iklan di buku telepon kuning (yellow pages). |
3. Pasang iklan di pusat perkulakan. |
4. Aktif mendekati konsumen lewat telepon. |
5. Mendatangi langsung konsumen yang prospektif. |
6. Promosi lewat surat. |
7. Jadi pembicara di seminar dan bicaralah tentang hal yang benar-benar Anda kuasai. |
8. Jadi pembicara tamu di acara dialog di radio. |
9. Buat pusat data tentang pelanggan Anda, lengkap dg alamatnya. Jaga terus agar tetap up-to-date. |
10. Bangun citra perusahaan Anda dg kartu nama dan kop surat yang menarik. |
11. Rancang brosur yang menjelaskan keuntungan dari produk Anda. |
12. Kembangkan sistem pemesanan lewat surat. |
13. Buat tempat khusus untuk memamerkan dan membeli langsung produk Anda. |
14. Rancang pemasaran jarak jauh (telemarketing). |
15. Buat logo perusahaan sesuai dg citra yang ingin Anda bangun. |
16. Terbitkan semacam buletin yang menceritakan perkembangan terbaru usaha Anda, paling tidak tiga bulan sekali. |
17. Buat suvenir dg logo perusahaan, seperti kalender, pena, mug, kertas memo dan sebagainya. |
18. Buat kampanye sosial yang berhubungan dg produk Anda. Misalnya jika produk Anda lampu, sebarkan tips tentang hemat pemakaian listrik. |
19. Buat stiker atau balon dg logo dan slogan perusahaan Anda. |
20. Rancang kaos dg logo dan nama perusahaan. |
21. Jajagi kerjasama promosi dg perusahaan lain yang bukan pesaing. |
22. Pelajari semua biaya promosi, baik yang lewat koran, majalah, radio, televisi, papan reklame, halte bus, dan tempat-tempat umum lainnya. |
23. Temukan cara untuk mengurasi biaya promosi dg memanfaatkan promosi patungan. |
24. Berterimakasih kepada pelanggan dg mengiriminya surat. |
25. Menjaga hubungan dg pelanggan dg cara mengiriminya kartu ulang tahun, Lebaran, Natal, atau tahun baru. |
26. Pasang profil perusahaan di majalah atau koran yang biasa dibaca oleh calon konsumen sasaran. |
27. Sewa agen periklanan atau humas (PR/public relations). |
28. Selenggarakan sayembara yang bersifat promosi. |
29. Selenggarakan seminar yang khusus membahas produk, jasa, dan perusahaan Anda. |
30. Selipkan brosur atau bahan promosi lainnya ke dalam tagihan yang Anda kirim. |
31. Cari calon pelanggan di pameran-pameran. |
32. Cari calon pelanggan di perkumpulan-perkumpulan yang berhubungan dg bisnis Anda. |
33. Cari calon pelanggan di seminar-seminar. |
34. Cari calon pelanggan di majalah atau koran. |
35. Kemas brosur, daftar harga, dan surat-menyurat dalam tempat khusus untuk pelanggan. |
36. Pasang papan penunjuk di pinggir jalan dekat kantor Anda. |
37. Sebarkan brosur dg menyelipkannya di wiper kaca mobil. |
38. Cetak kalimat bersifat promosi pada kertas surat atau amplop. |
39. Pasang logo dan nama perusahaan pada mobil perusahaan. |
40. Siapkan video tentang profil perusahaan. |
41. Buat daftar produk lengkap tentang gambar, cara penggunaan dan keuntungan pemakaian untuk mempermudah Anda membuat promosi. |
42. Siapkan proposal yang siap ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan. |
43. Sediakan contoh produk gratisan. |
44. Sediakan kesempatan kepada calon pelanggan untuk melihat-lihat proses produksi. |
45. Sponsori acara amal. ht tp: / /t ri s e t ya . w hi te . pr oh os ti n g. c om, |
3 komentar :
banyak sekali..
mungkin bisa lebih di efektifkan lagi agar para pembaca tidak kebingungan
tetapi cukup menarik infonya.
thanks.
kalau saya boleh tambahkan pakai huruf timbul atau signage karna walau tujuannya petunjuk tetapi itu langsung kelihat seseorang
salah satu langkah praktisnya adalah membuat toko online karena dengan mengoptimalkan toko online promosi dengan sendirinya akan mengalir
Posting Komentar
Blog ini Dofollow, Jika Anda suka, klik salah satu iklan. Jika tidak sempat, terima kasih atas kunjungannya.